Home » Catatan Kaki » Beberapa alasan yang sering digunakan pada saat bolos kerja

Beberapa alasan yang sering digunakan pada saat bolos kerja

Arsip

March 2014
M T W T F S S
« Nov   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Rutinitas kerja bagi sebagian orang di negara tercinta kita ini Indonesia, merupakan kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari, dari senin sampai jum’at/sabtu, dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, atau bahkan hari liburpun bisa masuk dan  dengan kegiatan yang selalu diulang-ulang tiap harinya, tingkat kejenuhan atau mood malas tidak bisa dipungkiri akan muncul dengan sendirinya.

males kerja

Saya sebagai manusia normal, yang memiliki hati nurani dan perasaan Jika saatnya datang mood malas tersebut, otak licik saya segera berpikir untuk mencari-cari alasan yang tepat agar di izinkan untuk bolos/ tidak masuk kerja namun reputasi tetap bagus di kantor.

Berikut beberapa alasan yang sering dan umum digunakan sebagai alasan untuk tidak masuk kerja :

  1. Diare. Perut anda tidak bisa diajak kompromi, Anda sudah buang air besar 3 kali pagi itu. Biasanya atasan bisa memaklumi, karena diare bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal waktu dan tidka perlu tanda-tanda yang kelihatan.
  2. Kabanyakan Obat Diet. Masalah seputar perut bisa dijadikan alasan yang cukup reasonable. Selain diare, Anda bisa mengatakan tubuh Anda lemas karena kebanyakan minum obat diet.
  3. Kaki Terkilir. Bilang aja, kaki Anda terkilir sehingga sakit bila digerakkan dan perlu diurut.
  4. Check up. Anda bisa mengatakan hari ini jadwalnya checkup kesehatan, sehingga tidak bisa datang ke kantor
  5. Mengantar Orang Tua. Rumah orang tua Anda diluar kota. Katakan orangtua mendadak datang karena urusan penting dan Anda harus mengantarnya pulang, karena mereka sudah terlalu tua untuk pulang sendiri.
  6. Saudara Menikah. Urusan keluarga bisa dijadikan alasan untuk berkelit. Anda bisa mengatakan ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggal. Tapi kalau hanya mengatakan urusan keluarga, kurang meyakinkan
  7. Rumah Kebanjiran. Musim hujan, sepertinya masuk akal bila Anda mengatakan rumah Anda kebanjiran. Apalagi daerah Anda memang rawan banjir.
  8. Digigit Binatang Peliharaan. Katakan saja binatang peliharaan Anda menggigit Anda pagi itu, sehingga Anda harus segera berobat ke dokter, kalau tidak mau terkena infeksi. Esok harinya, jangan lupa pasang perban di salah satu kaki. Mereka toh tidak mungkin melihat luka Anda.
  9. Alergi. Bila Anda memang punya alergi tertentu, sesekali manfaatkan penyakit Anda untuk alasan tidak masuk kantor. Anda bisa mengatakan tubuh Anda gatal-gatal karena salah makan
  10. Pembantu Pulang Kampung. Bagi Anda yang sudah mempunyai anak, alasan pembantu pulang kampung sehingga di rumah tidak ada yang menjaga anak, sering juga dijadikan alasan para working mom.
  11. Mengurus Surat-Surat. Bagi Anda kaum laki-laki, seringkali akan disibukkan dengan pengurusan surat-surat penting, seperti STNK yang habis waktu, SIM yang habis maupun surat-surat tanah. Nah, ini bisa Anda manfaatkan mengingat pengurusan admisitrasi surat-surat tersebut memang harus dilakukan pada hari kerja.

Dan berikut ini TIPS agar bolos kita aman

  • Selalu telepon, jangan email atau SMS! “Kalo anda ngirim email, bakal kelihatan banget kalo palsunya,” ada beberapa perusahaan dimana boss akan balik mengatakan: “OK, tapi kamu bisa kirim email kan? mending kamu kerja dari rumah deh,” dan malah bikin hari kamu sama aja kerja biasa. Urusan telepon akan terdengar lebih jujur dan mendesak. Ketika anda menelepon, usahakan jaga waktu, karena kalo tidak anda akan malah dicecar pertanyaan.
  • Jangna terlalu spesifik. “Misalkan ‘kepala sakit pak/bu, migren parah’ atau ‘kayaknya saya keracunan makanan’, tapi jangan terlalu detil,’ yang akhirnya malah ngomongin gejala2 yang ada. Ingat! semakin detil pembicaraan anda, semakin akan terbuka fakta bahwa anda tidak jujur. Misal: anda kena flu perut, malah seharusnya anda akan sibuk muntah2 terus, dan bukannya ngobrol di telepon soal gejala sakit anda.”
  • Jangan dipamerin di blog atau di Facebook atau di mana aja Namanya juga social networking pasti ada lah orang kantor kamu yang tau, apalagi kalo sampe boss kamu tau, bisa mampus dong!
  • Jangan balik ke kantor tiba2 dengan kulit kebakar matahari, apalagi pake baju baru. “Begitu masuk, langsung kerja! jangan cengar cengir “Orang akan curiga, apalai kalo kamu lapor kamu harus tidur sepanjang hari, tapi masuk sudah cengar-cengir duluan.”
  • Pilih hari antara Selasa, Rabu atau Kamis. Sering kali banyak orang menderita sakit secara misterius setelah liburan panjang. Masalahnya sekali dua kali sih nggak apa2, kalo keterusan waduh, susah juga

Saya bukan mau mengajarkan berbohong dalam artikel ini, saya hanya mencoba sharing saja fakta-fakta dan kenyataan yang ada dalam dunia kerja. dan artikel ini saya ambil dari berbagai sumber

Semoga Bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: